Tips untuk meningkatkan kesehatan emosional Anda

Emosi Mempengaruhi Tubuh
Ada hubungan antara pikiran dan tubuh. Kesehatan emosional yang buruk dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan flu dan infeksi lainnya. Tubuh kita merespon cara kita berpikir, bertindak dan merasa. Beberapa gejala seperti sakit kepala, diare, insomnia, jantung berdebar, sesak napas, kehilangan atau penambahan berat badan, sakit dada dan gejala lainnya mungkin dialami setelah krisis emosional atau masa stress seperti kematian orang yang dicintai atau dipecat dari Anda bekerja.

Pengaruh emosi terhadap tubuh sangat berhubungan erat dengan kelenjar pituitari. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk mekanisme yang memicu penyakit, yaitu kelenjar yang berada tepat di bawah otak yang memiliki koneksi dengan area jaringan di otak. Kelenjar inilah yang menghasilkan hormon yang mengendalikan semua fungsi tubuh. Emosi dan perasaan yang kuat berdampak pada pengendalian hormon oleh kelenjar pituitari, selanjutnya berpengaruh pada sistim syaraf tubuh dan ahirnya menimbulkan atau memperparah penyakit peredaran darah, pencernaan, pernafasan dan kulit.

Tips untuk meningkatkan kesehatan emosional Anda:
  • Jangan menyimpan dan menahan emosi,hal ini hanya akan memperparah keadaan pada diri Anda.
  • Curahkan perasaan Anda pada orang yang Anda cintai atau orang yang dekat dengan Anda untuk mengetahui sesuatu yang mengganggu diri Anda.
  • Mintalah seseorang yang "netral" untuk mendukung dan membantu Anda, bisa kepada penasihat agama, dokter atau konselor dan lainnya.
  • Cobalah untuk fokus pada hal-hal positif dan berkumpul dengan orang-orang positif. Tuliskan apa saja hal-hal yang membuat Anda merasa senang dengan komentar sebanyak mungkin.
  • Rutin untuk makan makanan sehat, cukup tidur dan berolahraga.
  • Hindari obat-obatan, alkohol dan gula. Gula berpengaruh pada sistem syaraf dan menyebabkan gangguan emosi dan berbagai masalah kesehatan lainnya yang akhirnya mengakibatkan kematian.
  • Kebahagiaan adalah keadaan alami kita. Seluruh tubuh Anda terpengaruh oleh emosi Anda, sehingga hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kebahagiaan adalah menjaga emosi Anda.
  • Gunakan metode untuk menenangkan pikiran Anda seperti latihan meditasi atau pernapasan.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *